Powered By :

WHAT'S NEW?
Loading...

DO’A AWAL DAN AKHIR TAHUN


Akhir Tahun
Sebagai seorang muslim kita tidak luput dari segala dosa selama satu tahun, dan itu pasti, disengaja ataupun tidak. Dosa kepada Allah maupun dosa kepada sesama muslim lainnya. Setiap harinya kita kotori dengan dosa-dosa yang tiap hari, bulan dan tahun semakin menumpuk bagaikan pasir di pantai.
Dan hendaknya kita sebagai seorang muslim, mau mengakui dari lubuk hati yang paling dalam dosa-dosa yang telah kita perbuat selama satu tahun seraya bertaubat. Niscaya kita tidak menjadi hamba yang ingkar terhadap dosa-dosa yang telah kita lakukan. Bila mana kita mengingkari dosa-dosa yang telah diperbuat, sesunggunhya kita berada dalam pengaruh godaan setan. Yang memang tugasnya adalah menjerumuskan manusia ke dalam jurang kesesatan.
Oleh karena itu kita dianjurkan pada setiap akhir tahun pada akhir bulan Dzul Hijjah sehabis ashar, untuk senantiasa mengamalkan dan istiqomah membaca do’a akhir tahun. Dengan do’a tersebut usaha setan untuk menggoda manusia selama satu tahun akan sia-sia.
Setan berkata :
“Kesusahan bagi ku dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak adam selama setahun, binasa hanya sesaat lantaran do’a ini”
Maka allah akan mengampuni segala dosa-dosa yang telah kita perbuat selama setahun.  Amin ya robbal ‘alamin….
Adapun do’a akhir tahun sebagai berikut :
بسم الله الرحمن الرحيم
وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم, اللهم ماعملت فى هذه السنة مما نهيتنى عنه فلم اتب منه ولم تنسه وحلمت علي بعد قدرتك على عقوبني ودعوتني الى التوبة منه بعد جراءتي على معصيتك, فإني استغفرك فاغفر لي بفضلك وما عملته فيها مما ترضاه ووعدتنى عليه الثواب فاسئلك, اللهم يا كريم ياذالجلال واللاكرام ان تتقبله منى ولا تقطع رجائى منك يا كريم, وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم.


Awal Tahun
Dengan membuka lembaran baru di tahun yang baru pula kita senantiasa mengharapkan segala rizki, usaha, kesehatan dan sebagainya mendapat jalan terbaik dan selalu di ridhoi Allah SWT. Sungguh kita tidak mengetahui untuk satau tahun kedepan apa yang akan menimpa kita, apakah keberuntungan ataukah kesialan ? hanya Allah lah yang Maha Mengetahui.
Untuk itu kita perlu meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT dengan selalu berdo’a meminta keselamatan dan selalu mendapat petunjuk-Nya. Maka untuk itu kita di sunnahkan memulai awal tahun dengan berdo’a kepada Allah SWT dengan membaca do’a awal tahun pada awal Bulan Muharram sehabis sholat maghrib.
بسم الله الرحمن الرحيم
وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم, اللهم انت الابدى القديم الاول, وعلى فضلك العظيم وجودك المعول وهذا عام جديد قد اقبل نسئلك الصمة فيه من الشيطان واوليائه وجنوده, والعون على هذه النفس الامارة بالسوء. والاشتغال بما يقربنى اليك زلفى ياذاالجلال والإكرام. وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم.


Semoga dengan mengamalkan do’a awal tahun tersebut kita selalu mendapat petunjuk dan hidayah Allah SWT, dan terhindar dari godaan setan. Amin ya robbal ‘alamin….

0 komentar:

Posting Komentar